Selamat datang di Kurotsuki 82 semoga anda mendapatkan apa yang anda butuhkan.

Anime terkenal yang pernah tayang di TV Indonesia pada tahun 1990-2010 versi Kurotsuki


Di postingan kali ini saya akan sedikit bernostalgia di masa kecil saya, yaitu di tahun 90an.
di mana pada jaman tersebut adalah surganya anime tayang di layar kaca Indonesia.
apalagi kalau hari minggu, rela bangun jam 05:00 demi menonton anime sampe jam 12:30 siang, pokoknya setengah hari nonton anime di tv.

Dan yang bikin menyenangkan adalah nonton anime bareng temen-temen lainnya, tempat nontonnya juga gantian misalnya minggu ini di rumah saya terus minggu depannya di rumah teman yg lainnya, menyenangkan bukan?
kebersamaanpun jadi semakin erat, setelah nonton anime baru deh main yang lainnya.

Pada waktu itu gadget masih termasuk barang mewah jadi masih jarang yg punya komputer ataupun hp yang bisa buat muter video, bukan hanya itu di tahun 90an internet masih termasuk mahal.
jadi cuma nonton di tv lah jalan satu-satunya untuk nonton anime di masa itu.
Baca juga: 
ok, langsung aja.
berikut adalah daftar anime terkenal yang pernah tayang di TV Indonesia pada tahun 1990-2010.

1) Doraemon
Doraemon (ドラえもん Doraemon?) adalah judul sebuah manga dan anime populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobi Nobita.
Doraemon dikirim kembali ke masa kehidupan Nobita oleh cicit Nobita, Sewashi. Ia dikirim untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan aslinya tanpa dibantu Doraemon, Nobita gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam karier, dan meninggalkan keluarganya dengan masalah finansial.
Cerita berfokus tentang kehidupan sehari-hari Nobita yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Doraemon memiliki sebuah kantung 4 dimensi yang diisinya dengan benda-benda dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya, setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekedar pamer ke teman-temannya.
Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, mengacuhkan saran atau perintah Doraemon. Akhirnya, Nobita terjerumus ke masalah yang lebih dalam. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Gian) mencuri alat tersebut dan berakhir dalam kekacauan karena salah menggunakannya.

2) Dragon ball
Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.
Keterangan: Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati.
Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.
Dragon Ball pernah ditayangkan di Indosiar setiap hari Minggu pagi selama setengah jam dan dari episode pertama sampai terakhir penayangan dibutuhkan Indosiar selama 10 tahun, yang merupakan serial televisi terlama yang pernah ditayangkan dalam sejarah Indosiar. Indosiar adalah stasiun TV pertama dan satu-satunya yang masih menayangkan anime Dragon Ball sampai tamat.
sekarang dragon ball tanyang di Global tv

3) One piece

One Piece (ワンピース wanpīsu) adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.
One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

4) Digimon

Digimon merupakan singkatan dari Digital Monster. Merupakan sebuah anime yang menceritakan tentang keberadaan sebuah dunia paralel dimana hidup berbagai makhluk digital di dalamnya. Dalam anime ini, beberapa anak manusia masuk dan memiliki partner seekor digimon yang dapat berevolusi menjadi bentuk-bentuk yang lain.
Anime Digimon ini sempat populer di Indonesia. Yup, jaman saya masih kecil dulu Digimon merupakan salah satu anime yang paling saya tunggu-tunggu tayangnya setiap hari Minggu di salah satu televisi nasional Indonesia.

5) Saint Seiya
Saint Seiya (聖闘士星矢 Seinto Seiya) atau judul lengkapnya Saint Seiya: Kesatria-kesatria Zodiak atau hanya Kesatria-kesatria Zodiak adalah anime dan manga karya Masami Kurumada. Anime Saint Seiya diproduksi oleh Toei Animation dan pertama kali disiarkan di TV Asahi, Jepang pada tanggal 11 Oktober 1986. Anime Saint Seiya disiarkan di Indonesia oleh stasiun televisi TVRI Yogyakarta pada tahun 1987 hingga 1990, TVRI Pusat Jakarta pada tahun 1988 sampai 1991, RCTI pada akhir 1991 sampai Medio 1995 dan Indosiar pada 2001-2002 dan Medio 2005 hingga akhir 2005 serta Juli 2013 untuk paket tayangan Ramadhan Penuh Berkah, dan manga-nya masuk ke Indonesia melalui Rajawali Grafiti yang juga dikenal dengan judul Ksatria Zodiak.

6) Pokemon
Pokemon merupakan singkatan dari Pocket Monsters. jalan cerita serial Pokémon adalah tentang hubungan pertemanan antara Ash, Pikachu, Misty, Brock, May, Max, Tracey, dan beragam jenis Pokémon beserta para pelatihnya. Sesekali juga ditampilkan kisah asmara antara Misty dan Brock, dan Ash dan May. Bersama Ash dalam petualangan perdana bergabung Brock (alias Takeshi) yang berambisi untuk jadi peternak Pokémon kelas dunia, dan Misty (alias Kasumi) yang berkeinginan untuk menjadi pelatih Pokémon jenis air terbaik di dunia.
Di Indonesia, serial Pokémon mulai masuk tahun 2001 saat disiarkan di SCTV, dan kemudian diambil alih oleh Indosiar.

7) Crayon Shin-chan
Crayon Shin-chan (クレヨンしんちゃん Kureyon Shinchan) adalah Sebuah serial manga dan anime. Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.
Crayon Shin-chan pertama muncul pada tahun 1990 secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Crayon Shin-chan mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April 1992. Di Indonesia, komik Shin-chan diterbitkan oleh Indorestu Pacific (sebelumnya pernah pula diterbitkan Rajawali Grafiti dengan judul Crayon). Anime Crayon Shin-chan di Indonesia pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Trans 7 dan saat ini ditayangkan oleh RCTI setiap hari Minggu pukul 07.30 WIB.

8) Captain Tsubasa
Kapten Tsubasa (キャプテン翼 Kyaputen Tsubasa?) adalah manga dan anime tentang sepak bola. Kapten Tsubasa merupakan salah satu manga dan anime favorit Indonesia.
Tsubasa adalah seorang anak SD yang baru saja pindah dari kota lain ke Nankatsu. Dia ingin bermain sepak bola dan menjadi pemain terbaik. Ketika masuk ke sekolah barunya, dia langsung masuk ke klub sepak bola di sekolah itu. Kapten klub itu adalah Ishizaki. Mereka lalu berlatih di lapangan, tetapi diganggu oleh klub lain yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi. Mereka lalu bertanding, bila Nankatsu bisa membuat gol satu saja, maka mereka diizinkan memakai lapangan untuk berlatih. Awalnya, Nankatsu selalu kebobolan dan bermain setengah lapangan. Ketika salah satu pemainnya cedera, Tsubasa didaulat menjadi bek.
Dia menjalankan tugasnya dengan baik. Ketika pertandingan hampir selesai, tanpa diduga Tsubasa berhasil mendapatkan bola dan menceploskannya ke dalam gawang. Sesuai perjanjian, Wakabayashi tidak akan mengganggu mereka lagi. Maka dimulailah petualangan Tsubasa menjadi yang terbaik di dunia.
ini adalah anime kegemaran kakak saya, saya juga sedikit menyukai nya.

9) P-man
P-Man (atau yang dikenal dengan nama "Perman" dalam Bahasa Inggris) adalah serial televisi yang ditayangkan oleh TVRI Bandung mulai pada tanggal 11 Maret 1987 sampai dengan 23 Agustus 1993 setiap hari Senin sampai Jumat pukul 18:30 sampai dengan 19:00 WIB, Indosiar mulai pada tanggal 11 Januari sampai dengan 29 Desember 1995 setiap hari Senin sampai Jumat pukul 16:30 sampai dengan 17:00 WIB dengan kemudian pindah sekarang menjadi tvOne setiap hari pada pukul 04:00 sampai dengan 04:30 WIB dengan merupakan sebagai pembuka siaran tvOne setelah lagu kebangsaan & station ident selanjutnya dengan program berita pagi berformat sarapan muncul Kabar Pagi setiap hari pada pukul 04:30 sampai dengan 06:30 WIB.
Di suatu planet hidup seorang super hero bernama Bird-Man yang bertugas menjaga keamanan di alam semesta ini. Untuk menjaga keamanan bumi, Bird-Man menugaskan seorang anak kelas 4 SD yang bernama Mitsuo yang jika menggunakan jubah dan topengnya dapat berubah menjadi P-Man. Namun karena Mitsuo tetap seorang anak yang mempunyai kewajiban untuk sekolah, dll, jika dia harus menjadi P-Man, Bird-Man memberi dia sebuah robot yang dapat menggantikan tugasnya sebagai Mitsuo.
Dalam menjalankan tugasnya P-Man dibantu oleh P-Girl, Booby dan Fat-Man. Sedangkan sebagai Mitsuo dia memiliki tiga orang teman yang bernama Kabao, Sabu dan gadis cantik teman sekolahnya yang disukainya yang bernama Mi-Chan. Mitsuo juga memiliki adik perempuan yang bernama Ganko. Ganko yakin P-Man itu adalah kakaknya sendiri yang bernama Mitsuo, tapi dia tidak pernah bisa membuktikan hal tersebut.

10) Lets and go
Bakusō Kyōdai Let's & Go!! (爆走兄弟レッツ&ゴー!! Bakusō Kyōdai Rettsu Endo Gō!!?) adalah manga karangan Tetsuhiro Koshita yang muncul di CoroCoro Comic dan bercerita tentang balapan Mini 4WD. Selanjutnya diadaptasi kedalam bentuk 3 seri anime TV, masing-masing berjumlah 51 episode, dan juga dibuat beberapa serial permainan video.[1] Serial ini juga merilis beragam merchandise seperti CD, kartu, dan stiker. Di Indonesia, anime ini ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI pada 8 September 2002 hingga 18 September 2005 setiap hari Minggu pukul 06.30 WIB sebelum akhirnya digantikan oleh Chouseishin Gransazer. Lagu pembuka memakai sulih suara bahasa Indonesia kemudian lagu penutupnya memakai lagu asli bahasa Jepang.

11) Crush gear
Crush Gear Turbo (激闘!クラッシュギアTURBO Gekito! Crush Gear Turbo?), atau sering disebut sebagai Crush Gear, adalah judul sebuah serial anime dan manga yang diproduksi oleh Sunrise dalam 68 episode. Filmnya sendiri pertama kali disiarkan di Jepang oleh jaringan televisi Animax sejak 7 Oktober 2001 sampai tanggal 26 Januari 2003. Film itu kemudian dilanjutkan oleh sekuelnya Crush Gear Nitro yang juga disiarkan oleh Animax di Jepang. TV Anak Spacetoon di (2011)

12) Beyblade

Beyblade (ベイブレード Beiburēdo) adalah judul sebuah serial anime dan manga buatan Takao Aoki dan Takafumi Adachi yang bercerita tentang sekelompok anak-anak yang bertarung dengan menggunakan gasing-gasing canggih dan memiliki kekuatan-kekuatan tertentu. Tokoh utama serial ini adalah seorang anak kelas VIII bernama Tyson Granger (Kinomiya Takao dalam bahasa Jepang dan Indonesia), dan temannya, Kai Hiwatari, Ray Kon dan Max Tate. Takao dan kelompoknya banyak bertemu dengan teman-teman, musuh ataupun saingan baru dalam perjalanan. Menariknya, alur cerita Beyblade ini mirip dengan alur cerita di Idaten Jump, seperti mendung saat episode akhir dan adanya latar gedung tinggi tempat musuh-musuhnya. Bahkan menggunakan lagu penutupan yang berbeda daripada episode sebelumnya.
Beyblade pertama kali muncul tahun 1999 dalam bentuk manga dan mainan yang hanya beredar di Jepang. Setelah versi manganya meraih sukses, Beyblade versi anime kemudian diluncurkan; tak hanya di Jepang, melainkan juga di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, China, Eropa, dan Indonesia. Di Jepang, anime Beyblade berhenti tayang sejak tahun 2004, namun pada bulan Juli 2006, anime ini kembali ditayangkan oleh Indosiar dan juga berhenti pada tahun 2007. Namun, versi VCD Beyblade V-Force masih dijual di pasaran seperti misalnya Giant Hypermarket tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, Pernak-pernik lain seperti mainan juga masih ada di pasaran.

13) Yu-gi-oh!

Yu-Gi-Oh! (遊☆戯☆王 Yū☆gi☆ō?, Bahasa Indonesia: "Raja Permainan") adalah sebuah manga karya Kazuki Takahashi sejak tahun 1996, yang mengisahkan tentang petualangan seorang anak laki-laki yang jago dalam permainan video. Yugi Mutou, demikianlah nama anak laki-laki yang tak punya teman ini, pada suatu hari ia diberi hadiah oleh kakeknya sebuah kotak yang berisi kepingan-kepingan puzzle antik, konon disebut sebagai Millenium Puzzle. Setelah bertahun-tahun (versi manga: 8 tahun), kemudian Yugi berhasil menyusunnya dan roh yang berada di dalamnya berhasil keluar dan merasuki tubuh Yugi dan menjadi semacam kepribadian yang lain, yaitu: Yugi Kegelapan (Yami Yugi).
  • Di Indonesia, komik Yu-Gi-Oh! telah diterbitkan sampai tamat oleh Elex Media Komputindo.
    Pada sekitar tahun 2008, telah juga diterbitkan versi lanjutan dari komik Yu-Gi-Oh! sebelumnya, yaitu: Yu-Gi-Oh! R, Yu-Gi-Oh! GX, dan Yu-Gi-Oh! 5D's.
  • Pada sekitar tahun 2005, anime ini pernah ditayangkan pada stasiun televisi RCTI dan Tpi namun terhenti sampai sebelum penentuan lawan semi final di Battle City.
  • Pada pertengahan tahun 2008, stasiun televisi SCTV juga pernah menayangkannya tetapi hanya sesi Virtual World (di sini dikisahkan bahwa musuh utamanya adalah Noah Kaiba, yang mana ia malah menyelamatkan mereka).
  • Pada sekitar bulan November 2010 sampai dengan bulan Desember 2010, stasiun televisi Indosiar juga pernah menayangkan anime Yu-Gi-Oh! ini pada setiap hari minggu pagi, dimulai dari sesi empat besar semi final di Battle City sampai dengan sesi KC Grand Championship.
 sekian, sebenarnya masih banyak tapi nanti saya edit lagi.
Anime jadul memang grafiknya kurang begitu bagus di bandingkan anime yang sekarang, tapi ada satu kelebihan anime jadul di bandingkan anime sekarang, yaitu alur cerita yang menarik.
berbeda dengan anime sekarang yang lebih menonjolkan aksi echi untuk menarik minat penonton.
Menurut saya anime sekarang kurang berkualitas, tapi gak semua sih.
contohnya Noragami, Sakurako-san, owari no seraph, dan mungkin masih banyak lagi anime baru yang masih mengedepankan alur cerita yang menarik dibandingkan unsur echi.
sumber: Wikipedia

Baca juga: 8 Episode anime yang paling menyeramkan

Semoga bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung

No comments:

Post a Comment