Selamat datang di Kurotsuki 82 semoga anda mendapatkan apa yang anda butuhkan.

Memilih Keyboard Yang Pas dan Tepat Sesuai Aktifitas Kamu

 Keyboard kamu rusak dan perlu diganti? Atau kamu sudah bosan dengan keyboard yang kamu punya dan mau beli yang lebih keren? Nah, sebelum beli keyboard baru, kamu harus tahu dulu cara memilih keyboard yang tepat sesuai aktifitas kamu.

Keyboard merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah komputer. Bahkan lebih penting daripada mouse. Sebab banyak aktivitas di dalam komputer yang bisa kamu lakukan tanpa mouse, tapi mustahil jika tanpa keyboard. Tapi kira-kira kamu butuh keyboard seperti apa? Baca ulasan berikut ya!

 

Gamer VS Typist

Kamu seorang gamer atau typist? Tentukan jati diri kamu sejak awal. Sebab, terdapat perbedaan spesifikasi antara keyboard gaming dan standar.
gamer-vs-typist

 

Gaming keyboard

Keyboard khusus gamer biasanya memiliki tombol-tombol yang kokoh dan tinggi, jarak antar tombol lebar, serta membutuhkan tekanan lebih dalam. Kebanyakan keyboard gaming justru kurang nyaman untuk mengetik dalam waktu lama.

 

Typist Keyboard

Keyboard kantoran standar sebenarnya sudah cukup nyaman. Tapi kalau kamu punya pekerjaan dengan intensitas mengetik yang sangat tinggi, serta ada dana lebih, nggak ada salahnya kamu membeli keyboard dengan desain ergonomis. Hal ini sangat berguna untuk kenyamanan dan kesehatan kamu. Keyboard ergonomis biasanya hadir dengan desain melengkung dan memiliki dudukan tangan yang disebut palm rest.

 

Konektivitas

Ada beberapa pilihan konektivitas pada keyboard. Ada PS/2, USB, Wireless USB, dan Bluetooth. Kita bahas satu-satu yuk.
connectivity

 

PS/2

Colokan bundar ini sempat populer dan menjadi standar konektivitas keyboard dan mouse. Kelebihan keyboard jenis ini adalah koneksinya stabil, lebih awet, harganya murah. Untuk komputer lama yang slot USB-nya terbatas, keyboard jenis ini bisa jadi pilihan yang baik.

 

USB

Keyboard dengan koneksi USB adalah yang paling populer saat ini. Sebab koneksinya dinamis dan lebih mudah terkoneksi. Kamu juga bisa menghubungkannya ke hp atau tablet menggunakan colokan USB OTG.

 

Wireless USB

Kalau kamu nggak suka dengan kabel yang berantakan, keyboard wireless bisa jadi pilihan yang tepat. Terdapat sebuah dongle untuk ditancapkan di slot USB kamu yang berfungsi sebagai pemancar. Namun karena tidak berkabel, keyboard jenis ini membutuhkan baterai tambahan untuk daya listriknya.

 

Bluetooth

Keyboard dengan koneksi bluetooth ini lebih praktis lagi. Tidak perlu kabel, dan tidak ada dongle yang dicolok. Keyboard Bluetooth lebih banyak digunakan untuk aksesoris tablet.

 

Mekanisme Tombol

Kalau kamu belum tahu, ada tiga jenis mekanisme tombol yang banyak beredar di pasaran saat ini. Yaitu dome, scissor, dan mechanical.

 

Dome-switch

dome
Mekanisme dome-switch menggunakan silikon atau karet di bawah tombolnya untuk menghantarkan respon dari tombol ke sirkuit. Biasanya terdapat pada keyboard dengan harga yang ekonomis.

 

Scissor-switch

scissor
Keyboard pada laptop biasanya menggunakan mekanisme scissor-switch. Kelebihan dari mekanisme scissor-switch adalah kenyamanan mengetik dari berbagai sudut tombol. Mekanisme ini juga memungkinkan tombol dibuat lebih tipis dan tidak menimbulkan suara bising saat mengetik.

 

Mechanical-switch

mechanical
Mechanical-switch memungkinkan keyboard menerima jutaan tekanan tanpa rusak. Mekanisme ini biasanya terdapat pada keyboard gaming. Sebab para gamer biasanya menekan tombol yang sama berkali-kali dengan penuh emosi.

 

Bentuk dan Desain

gaming
Keyboard kantoran standar biasanya terlihat membosankan. Pilihlah bentuk dan desain keyboard yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Bentuk ergonomis cocok jika intensitas mengetik kamu tinggi. Atau keyboard gaming dengan desain yang keren mampu menambah keseruan saat bermain game. Warna keyboard memang biasanya hitam agar terasa nyaman di mata.

 

Harga

Nah ini yang penting. Sesuaikan keyboard pilihan kamu dengan dana yang kamu punya. Kalau memang cukup, beli saja yang agak mahal dari brand terkenal. Harga biasanya menentukan kualitas dan daya tahan. Tapi kalau dana kamu terbatas, belilah keyboard standar kantoran, tapi jangan yang terlalu murahan. Dari pengalaman Jaka, sih keyboard dengan harga super murah biasanya hanya sanggup bertahan beberapa bulan. Sebelum akhirnya beberapa tombol rusak dan tidak dapat digunakan.

Semoga bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung


No comments:

Post a Comment