Selamat datang di Kurotsuki 82 semoga anda mendapatkan apa yang anda butuhkan.

Smartphone Berkemampuan Merekam Video 4K Sebagai Alternatif Kamera DSLR




Smartphone, dengan kemampuan merekam video 4K sejatinya telah diluncurkan sejak 2013 lalu ketika Qualcomm merilis chipset seri Snapdragon 800. Di tahun 2015 ini, fitur kamera berkemampuan merekam video beresolusi 4K sepertinya menjadi sesuatu hal yang wajib dimiliki untuk sebuah smartphone kelas atas.
Video 4K merupakan istilah yang mendefinisikan resolusi 4.096 x 2.160 piksel pada aspek rasio 16:10. Namun, karena 16:9 merupakan aspek rasio standar untuk sensor kamera pada smartphone, maka video 4K yang dihasilkan adalah 3.840 x 2.160 piksel.

Keunggulan dari video beresolusi 4K adalah gambar terlihat lebih detil, tajam, dan jelas. Sementara itu, beberapa kalangan mengatakan bahwa video beresolusi 1.080p sudah cukup memadai dan gambar terlihat detil. Hal ini diduga karena sejauh ini perangkat atau TV yang dapat mendukung video 4K masih belum populer. Selain itu harganya pun masih tergolong mahal.
Terlepas dari itu, beberapa vendor telah merilis tipe smartphone kelas atas dengan kamera yang mampu merekam video 4K. Berikut ini adalah daftarnya.

 

IPhone Apple 6s dan iPhone 6s Plus

iphone6s-rosegold
Meningkat dari versi sebelumnya Apple iPhone 6, iPhone 6s, dan 6s Plus dibekali kamera 12 MP dengan sensor 1,22-micron pixel. Sementara lensanya terdiri dari 5 elemen dengan aperture f/2.2 serta mendukung fitur phase detection autofocus dan dual-tone LED Flash.
Dalam hal merekam video, seri iPhone 6s dapat merekam video di resolusi 2160p pada 30fps (4K), 1080p pada 60fps, 1080p pada 120fps, dan 720p pada 240fps (slow motion). Untuk menghasilkan video yang lebih optimal lagi, kamera seri iPhone 6s dilengkapi pula dengan fitur optical image stabilization (OIS)

 

Sony Xperia Z5, Z5 Compact, Z5 Premium

sony_xperia_z5_green
Keluarga baru Xperia Z5 dari Sony ini dilengkapi kamera dengan kamampuan merekam video 4K. Hal ini tentunya tidak mengherankan karena kemampuan ini juga telah hadir pada seri sebelumnya yakni Xperia Z3.
Pada jajaran Xperia Z5 series, kamera utama yang digunakan beresolusi 23 MP dengan sensor Exmor RS 1/2.3". Selain itu terdapat juga fitur OIS serta sistem super cepat hybrid autofocus.

 

Samsung Galaxy S6 Series & Galaxy Note5

Samsung-galaxy-s6-edge
Sebagai salah satu perusahaan smartphone yang sudah besar, tidak mengherankan jika Samsung turut meluncurkan perangkat dengan kemampuan perekam video 4K. Kemampuan tersebut hadir pada smartphone terbaru andalannya yakni Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Edge Plus, dan Galaxy Note 5.
Semua tipe smartphone Samsung di atas datang dengan sensor 16 MP. Selain dapat merekam video 4K, jajaran smartphone ini pun mampu merekam audio dengan jernih. Kameranya juga dilengkapi fitur OIS dan continous autofocus.

 

LG G4

lg-g4-leak-6
LG G4 memiliki sensor kamera 16 MP 1/2.6" dengan dukungan laser autofocus dan optical image stabilization. Dengan segala fitur dan kemampuannya merekam video 4K, LG G4 pernah disebut-sebut sebagai "rajanya" kamera smartphone pada saat pertama kali diluncurkan. Hal ini menjadikan LG G4 menjadi salah satu smartphone yang populer dikalangan pecinta fotografi mobile.

 

Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P

lg-nexus-5x-huawei-nexus-6p
LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P datang bersama sensor Sony 12,3 MP dengan aperture f/2.0 dan ukuran piksel 1,55 micron-pixel. Kameranya mampu merekam video 4K pada 30fps per detik. Untuk menunjang performa kameranya, terdapat juga fitur laser autofocus dan dual-LED (dual tone) Flash.

Semoga bermanfaat, Terimakasih atas kunjungannya


1 comment: