Selamat datang di Kurotsuki 82 semoga anda mendapatkan apa yang anda butuhkan.

Tips sebelum membeli RAM untuk Komputer atau Laptop


Sebelum membeli RAM atau memory untuk laptop , pc atau merakit komputer gaming maka anda harus perhatikan hal hal berikut ini yang bisa anda jadikan bahan referensi atau patokan sebelum membeli RAM yang bagus.


1.SERI
Sebelum anda membeli RAM atau menambah RAM pada komputer atau laptop anda maka anda perhatikan no seri yang terdapat pada RAM tersebut. Biasanya setiap RAM mempunyai no seri dan biasanya dengan no seri tersebut sudah bisa menamdakan apakah RAM tersebut DDR 1, DDR 2, DDR 3, atau DDR4.
Sebagain contoh misalnya , jika anda ingin membeli RAM 2 buah (Dual chanel), maka pastikan yang sejenis, contohnya RAM PC12800 maka anda harus membeli juga RAM yang satunya dengan no seri yang sama yaitu PC12800 , untuk No seri harus sama, bagaimana kalau beda…? Kalau beda biasanya slot RAMnya tidak pas atau beda yaitu antara slot RAM dengan slot yang ada di motherboard.

2. KECEPATAN FREKUENSI
Tidak semua mainboard support dengan kecepatan frekuensi pada memory RAM , anda harus melihat dulu min dan juga max kemampuang motherboard yang menerima kecepatan frekuensi memory. Selain motherboard ,prosesor anda juga harus sesuai dan mampu untuk menerima kecepatan frekuensi memory anda. Jadi harus hati hati untuk DDR 3 maksimum speed 1066 – 1600 MHz untuk mode standard sedangkan untuk mode overcloking itu biasanya 1866 -3000 MHz , anda bisa melihat hal tersebut dengan masuk di BIOS saat pertama kali komputer atau laptop dihidupkan

3. KAPASITAS
untuk kapasitas sendiri usahakan sama , karena jika seri dan juga kapasitas RAM tersebut sama maka kinerja yang di hasilkan lebih sangat stabil , sebagai contoh misalnya misal RAM Visipro 2 GB dan kita ingin upgrade maka kita bisa menambahkan 2 GB dengan merek yang sama dan kapasitas yang sama.

4. MERK
Untuk merek merek RAM sendiri ada banyak sekali , yang saya rekomendasikan carilah merk RAM yang sudah terkenal dan banyak penjualanya. Dalam memilih ram untuk laptop atau PC usahakan sama, kalau merek visipro ya ram satunya juga harus merek Visipro agar kinerja laptop anda stabil.

5. INTERFACE/SLOT/SOCKET
Untuk bagian ini anda harus perhatikan betul, apa bila anda salah dalam memilih RAM tentunya uang yang anda keluarkan akan sia siap , karena barang yang sudah di beli tidak bisa di kembalikan hehe. Jadi usahakan dalam memilih RAM sesuaikan dengan Slot yang mendukung motherboard komputer atau laptop kamu , sebagai contoh misalnya saja Laptop atau komputer kamu support slot DDR 2 maka anda harus mencari RAM yang menggunakan slot DDR2 , jika anda belikan dengan menggunakan DDR 3 tentunya nanti tidak pass slotnya dan akan sia sia RAM yang anda beli karena tidak terpakai

6. MOTHERBOARD
Untuk yang satu ini ,anda harus perhatikan juga , sebenarnya hampir sama dengan SLOT pada RAM, tapi jika kita berpatokan pada motherboard maka RAM kita pilih harus menyesuaikan dengan support socket pada motherboard atau laptop yang kita miliki. Sebagai contoh misalnya saja Motherboard Max dual channel 8 GB kecepatan 1333 MHz , nah jika anda memasang RAM 16 GB dengan kecepatan 1866 Mhz maka tentunya motherboard tidak sanggup nanti tidak bekerja dengan maksimal dan tidak stabil.
Kesimpulan

Untuk Kesimpulan dalam memilih ram yang terbaik dan bagus adalah yang pertama anda harus perhatikan adalah harus memiliki no seri yang sama dan juga spesifikasi yang sama, kemudian memiliki kecepatan frekuensi yang sama, usahakan memiliki kapasitas yang sama , kalau slot 1 RAM 2 GB , maka slot 2 RAMnya juga 2 GB, selain itu masih usahakan untuk membeli RAM yang memiliki merek sama dengan yang laptop atau komputer anda gunakan, Harus memiliki interface/slot/socket yang sama agar tidak sia sia dalam membeli RAMnya, selain itu motherboard harus support dan RAM menyesuaian motherbord. nah hal hal diatas jika anda ingin menambahkan RAM atau mengupgrade ram, hal hal diatas tidak berlaku jika anda membeli RAM yang hanya 1 biji misalnya DDR3 kapasitas 8GB

Jika kalian akan memebeli RAM yang murah dan berkualitas silahkan beli SHINJIRU-SHOP aman dan terpercaya

 Baca Juga:
Semoga bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung

1 comment: